Minggu, 12 Agustus 2012

Kediri Berjuang

Brotha and sista aku sekarang lagi liburan ne, berhubung TA dan semua urusan praktek klinik udah kelar jadi nganggur dech, dan sesuai rencana diwaktu lampau jauh sebelum masehi, setelah nyelesain praktek klinik pengennya cepet-cepet nyelesain TA terus berangkat ke kediri dech buat liburan cerdas disana..
Akhirnya semua itu kesampaean sekarang, karena tanpa persiapan matang akhirnya aku dan temenku agung nekad berangkat kesana untuk 1 setengah bulan disana..
Jumat kita berangkat dari malang, nyampe dijombang dirumah agung jam 7an malem, kita transit dulu disana baru besoknya berangkat ke kediri, nah besoknya siang-siangan kita berangkat buat nyari tempat les dan nyari kos-kosan dulu abis itu balik lagi ke jombang, nah setelah keliling-keliling kota pare kediri dan bolak-balik keluar masuk tempat kursus buat nanya program dan biayanya seperti apa, akhirnya yang kita dapet cuma brosur-brosur dan capek yang berujung dimasjid, kita rehat dulu disana buat sholat dan leyeh-leyeh sejenak dan nentuin juga dimana tempat kita mo les..
Akhirnya setelah melewati perdebatan panjang kita milih di harvard dan webster, kita nyoba disana masing-masing 2 mingguan, setelah itu kita pulang ke jombang tapi sebelumnya jalan-jalan dulu ke kediri kota muter-muter dan foto-foto juga, abis itu baru pulang ke rumah si agung, nyampenya juga dah malem jam 7an juga sich, abis maem langsung mandi terus tepar..
Besoknya baru perjuangan dimulai, kita berangkat ke kediri sore-sorean dan nyampe dikost setengah jam kemudian, kost beru berarti suasana baru dan adaptasi lagi..
Hari pertama dikost masih ngerasa asing karena masih belum terbiasa dan kenal ma temen-temen yang lainnya jadi hari pertama cuma diabisin buat bersosialisasi..
Besoknya udah mulai ada kelas, jam 8 kita berangkat ke harvard dan nyampe sana berasa aneh aja karena ya gimana ya.. gag sesuai lah ma yang kita bayangin, karena kita kan ambil program speaking tapi yang didapet disana nothing, entahlah kecewa dihari pertama yang gag memuaskan dan pulang les akhirnya diem-dieman aja di kost, ini yang jadi hal yang membosankan buat nunggu jam 4 nantinya..
Singkat cerita ini udah jam 4, kita dateng ke tempat les yang satunya (webster).. pertama masuk kelas biasa aja, dan setelah udah mulai kelas.. keren banget bray, ini yang aku cari, kita banyak practice disini dan materi englishnya juga lebih seru, temen-temennya juga keren-keren, tutornya juga keren soalnya dia masih muda dan suka ngasih motivasi-motivai gitu.. jadi kekecewaan tadi pagi terbayar sudah..
Hari-hari berlalu bray, banyak hal baru yang aku dapet disini, temen-temen baru dari seluruh indonesia, ilmu juga pastinya, keluarga baru, asyik lah pokoknya..
Dan bicara tentang tempat kos, tempatku ini lumayan strategis karena letaknya dipinggir jalan dan lumyan murah juga, tapi yang bertolak belakang dari itu, si ibu kosnya mata duitan dan kosannya ini tempatnya kemproh banget..
Aku bertiga ma agung dan temenku orang raja ampat papua yang tinggal sekamar, dia baik, bersihan juga orangnya jadi kadang kita yang bersih-bersih kamar mandi dll

Seminggu berlalu, hari jumat sabtu kan libur, aku gag kemana-mana diem aja dikosan sedangkan agung pulang kerumahnya dijombang, secara deket kan..
Minggu kedua hampir sama kayak minggu pertama, les di harvard masih tetep membosankan dan di webster semakin keren ae..
Tapi karena ini minggu terakhir jadi ada ujian gitu biar dapet sertifikat, di harvard ujiannya tulis dan gak penting, di webster harus bikin tema buat public speaking ini lumayan keren, selain ujian ada juga acara foto-foto setiap akhir program jadi kita kayak punya kenangan gitu..
Dan saat program 2 minggu ini berakhir banyak hal yang bisa dikenang dan diingat, suara ketawanya vincent, semangatnya ulfa, kerennya efin pas ngomong english, lucunya Mr.jono, dan yang gak terlupakan “It’s Never Too Late To Follow Your Dream”
J
Sabtu aku balik ke malang karena senin program belum mulai dan aku ada acara di kampus, agung nggak ikut ma aku karena dia ada acara ma keluarganya, sebenernya sich aku ragu bisa balik ato nggak ke jember, karena hari jumatnya vertigoku kumat setelah kamis malemnya aku kebanyakan maem nasi goreng pedes diacara ultahnya tutorQ dan karena lambungku musuhan ma yang namanya pedes terjadilah acara muntah-muntah dipagi hari di hari jumat dan dalam sehari aku muntah 3 kali waktu itu dan bikin aku gak mau makan nasi, tapi karena terselamatkan oleh-obatan dan juga susu bearbrand akhirnya sabtun aku ngerasa sehat dan aku putusin buat berangkat ke malang..
Dari Pare ke malang butuhin waktu sekitar 3 jam, dan aku milih lewat jalur Batu, beeeugghh keren banget bray, sepanjang perjalanan disuguhin pemandangan yang keren abis, jadi gag kerasa capek dan lebih menikmati perjalanan ae..
Nyampe di malang aku istirahat bentar, beres-beres kamar terus kerumah pacarku, awalnya semua berjalan baik sampe akhirnya penyakit itu dateng lagi karena aku telat maem siang, dan akhirnya aku kembali jadi orang pesaitan dirumah pacarku, aku muntah-muntah disana, 2 kali muntah dan obat yang aku minumpun gag ngurangin rasa mual dan pusingku, akhirnya aku suruh pacarku beli nasi dan roti juga susu bearbrand juga beli antasida, akhirnya nasi kemakan Cuma dikit dan aku terbaring lemah di sofa rumah pacarku dan tertidur disana, mungkin karena aku kecapean dan telat makan makanya kambuh lagi, kasian pacarku dia nemenin dan ngerawat aku, tak suruh-suruh beli ini itu.. sebangunnya dari tidur aku ngerasa baikan dan langsung pulang ke kosan, nggak lupa aku beli bearbrand dan obat lagi buat persediaan, dan bener aja aku kembali muntah-muntah besok paginya dan ini lebih tragis lagi karena aku berjuang sendirian di kost, tapi lagi-lagi setelah muntah dan minum bearbrand terus istirahat aku jadi baikan..
Senin aku ke kampus buat minta tanda tangan dan sorenya aku pulang, aku lewat jombang dan mampir kerumah agung, niatnya sich mau bareng tapi ternyata dia berangkat dulu, akhirnya aku berangkat sendiri malem-malem ke kediri, padahal dari awal aku buta arah, buat nyampe jombang ae nanya bolak balik, ini semua karena agung susah buat dihubungin, Hpnya baru ilang (BB yang baru dibeli 1 bulan), dan nox jadi nggak aktif dan dia juga nggak cepet2 ngurusin ke grapari, ditelfon ke nox yang satunya juga nggak aktif.. yowes budhal dewe..

Minggu ketiga aku udah ambil program 1 bulan di Mahesa (Speaking II) dan yang satu lagi 2 minggu di Mr.Bob (Pronun), masuk pertama hari selasa dan ini lebih seru lagi karena sebagian besar yang les kali ini anak kuliahan karena SMP dan SMA kan udah masuk sekolah jadi lebih keren lagi dalam belajarnya selaen nambah temen juga yang beda-beda dari universitas seluruh indonesia juga nambah temen dari beda kota juga..
Di Mahesa keren, karena ini hampir kayak kuliah, jadi sehari masuk 2 kali jam setengah 9 pagi dan jam setengah 4, di Mr.Bob aku masuknya jam setengah 1 dan metode ngajarnya juga keren karena santai tapi kena ke materinya..
Belajar di Mahesa minggu pertama masih belum menarik banget karena masih monoton banget, tapi di Mr.Bob aku udah dapet banyak hal, udah bisa baca kamus oxford dan hal-hal aneh lain yang aku nggak ngerti dalam pronunciation. Temen-temen di mahesa juga seolah ada jarak gitu jadi nggak bisa yang seru-seruan gitu, mungkin karena tutornya beda kale ya.. kalo di mahesa ada dua tutor buat pagi dan sore, yang pagi rada ngebosenin karena sistematika pengajarannya jadul banget, tipe-tipe guru jaman lampau lah, kalo yang sore lumayan modern tapi kakean curhat (rempong cuinn)..
Di sana aku seneng banget karena umurku tereduksi, banyak yang ngira aku masih SMA ato baru masuk kuliah dan pas aku jelasin ma mereka kalo aku udah mo lulus mereka nggak percaya (yaah.. gimana lagi.. ganteng, muda, berbakat itu udah jadi penyakit kronis)  :p

Minggu kedua di Mr.Bob terasa biasa-biasa aja walaupun itu minggu terakhir, lumayan berkesan disana karena pas penutupan kita harus ngasih kesan dan pesan each other dan kebanyakan temen-temen disana calm, baik, dll (sing apik-apik wes pokok’e  :p ), dan minggu itu aku balik ke malang (hampir tiap dua minggu sekali se aku balik) buat ngurusin masalah kampus dan ketemu pacar juga..
Kelar di Mr.Bob aku nggak nambah kelas lagi, cukup ngelanjutin kelas yang di mahesa aja, karena aku udah jenuh dan bosen banget di Pare, udah home sick karena udah lama nggak pulang dan aldo udah bolak-balik nelfon nyuruh aku pulang, dan kesibukan disana juga masih sama-sama aja monoton kayak biasanya kalo nggak presentasi ya listening, kalo nggak listening ya debate, kalo nggak gitu ya nganggur ato dengerin tutor2 curhat, gitu wes.. perubahannya mungkin Cuma kita lebih deket dan lebih kenal aja satu sama laen dan mulai mencair lah, dan kita adain buka bareng sekalian khataman al-quran, mulai dari sana kita lebih akrab lagi sampe-sampe kita ngadain acara jalan-jalan ke gunung kelud, seru-seruan disana, berangkat pagi pulang malem, capek banget karena harus naek ratusan tangga buat nyampe puncak dan waktu itu kondisiku lagi puasa tapi malemnya nggak saur coz nggak kesiangan bangunnya tapi show must goes on kan.. yo wes nekad ae melok.. dapet banyak foto disana, viewnya keren, dan pas pulang juga masih mampir di gumul yang udah bosen banget aku maen kesananya..

Minggu terakhir disana udah mulai sibuk ma presentasi debate dan final exam, tapi sialnya pas final examnya aku nggak bisa ngikut karena pas hari itu aku ada yudisium di kampus jadi 2 hari aku bolos dan pas balik kesana harus ngikut susulan yang harus diselesain dalem satu hari jadi sehari aku ujian 4 kali, dan setelah itu malemnya perpisahan ma temen-temen.. huuuftt..

Banyak hal yang nggak bisa dilupain dari kediri, nasi kuning dan ketucky yang selalu nemenin sahurku, nasi bebek yang enak, es tebu yang seger, temen-temen IPBers, bonek city, mojang bandung, anak webster, Mr.Bob, temen kosan, anak harvard, temen-temen Mahesa semua dan masih banyak lagi yang nggak bisa disebutin satu persatu.. makasih semuanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar